TEMPAT WISATA MENARIK DI BOGOR

BOGOR, I MISS YOU: SPOT KECE BOGOR

            Bogor adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat. Bogor terkenal sebagai kota hujan karena hampir setiap harinya didominasi oleh hujan. Mulai dari light rain sampai heavy rain with thunderstorm. Nah, karena dijuluki sebagai kota hujan sehingga tidak berlaku alasan hujan untuk bolos sekolah ataupun kuliah ya hehe. Beasiswa dari pemerintah daerah menghantarkan ku untuk belajar di kampus rakyat atau yang lebih dikenal dengan IPB. IPB adalah kampus terbaik ketiga se-Indonesia saat itu. Aku menetap disana selama 3 tahun. Ini adalah pertama kalinya aku jauh dari orangtua.

            Awalnya semua terasa berat. Aku tidak betah di minggu-minggu pertama. Semua hal yang ada terasa tidak menyenangkan. Inilah yang dinamakan homesick. Aku bahkan sudah sampai dititik jenuh saat itu dan berniat untuk mengakhiri beasiswaku dan pulang ke kampungku dan melanjutkan kuliah yang tidak terlalu jauh dari rumahku. Istilahnya masih satu provinsi, satu pulau. Namun setelah sharing dengan teman- temanku akhirnya aku memutuskan untuk tetap berjuang dan mengatasi segala rintangan yang dihadapi. Terimakasih untuk teman-teman yang saat itu menguatkan.

            Jauh dari orang tua dihari-hari penting tidaklah mudah. Apalagi ini adalah pengalaman pertamaku. Deadline tugas yang datang setiap harinya menambah beban pikiran anak rantau. Di IPB, kita dituntut untuk cepat, sigap dan disiplin. Awalnya terasa berat, namun lama-kelamaan hal ini menciptakan rutinitas yang baik bagi kita. Lembur karena tugas sudah biasa. Tak heran jika ada istilah bahwa anak IPB malmingnya bersama tugas haha karena memang begitulah faktanya.

            Nah, untuk menghindari stress, Bogor juga memiliki destinasi kece yang wajib kamu kunjungi. Mulai dari alamnya hingga wahana permainannya. Berikut destinasi kece yang sempat saya kunjungi selama di Bogor (read: masih banyak wisata lain yang tidak ke- list). Semoga menjadi inspirasi liburan kamu yang akan datang.

  • Puncak Bogor
            Jika kamu menyukai alam, puncak Bogor wajib untuk kamu kunjungi. Dipuncak kamu bisa melihat perkebunan teh dan mencoba permainan yang disajikan disana seperti paralayang. Disana juga menyediakan banyak vila sebagai tempat tinggal. Ohya, Dipuncak sering sekali terjadi hujan jadi kamu harus siapkan jas hujan. Selain itu, cuaca di puncak juga lebih dingin sekitar 18Oc.
source :khusna
source : khusna


  • Masjid At-taawun
            Masjid ini bisa kita temui disaat kita menuju puncak. Masjid ini sering dijadikan persinggahan para pelancong yang ingin menuju puncak. Dimasjid ini terdapat air terjun kecil atau masyarakat setempat menyebutnya dengan curug. Air tersebut sangat dingin. Ditambah lagi, lokasi disini cocok banget dijadikan tempat berfoto karena mempunyai latar yang bagus.



  •  Telaga warna
            Telaga ini dipercaya bisa berubah warna disaat tertentu. Disini juga menyediakan wahana flying fox. Buat kamu yang tidak takut ketinggian, kamu wajib mencobanya. Flying fox ini  melintasi telaga warna tersebut.
source : tasya

  •  Kebun Raya bogor
            Kebun raya ini berada di pusat kota jadi tidak ada alasan untuk tidak menyempatkan waktu datang ketempat ini. Disini kita bisa melihat berbagai jenis tanaman dari seluruh Indonesia bahkan kamu bisa menemukan bunga Raflesia arnoldi yang katanya langka itu. Dikebun raya ini juga mempunyai beberapa museum yang bisa kamu kunjungi. Ohya, hal kerennya kamu bisa melihat dan berfoto dengan background istana bogor. Di kebun ini juga terdapat jembatan merah yang dipercayai kalau pasangan melewati jembatan ini maka mereka terancam putus. Fakta atau mitos? Gimana, ada yang punya pengalaman dengan hal ini..?



source : rio




  • Istana Bogor
            Untuk masuk ke istana bogor merupakan hal yang prestigious.  Istana Bogor ini tidak dibuka setiap hari artinya kamu harus menunggu waktu untuk dapat masuk ke Istana Bogor ini. Saat itu, aku mendapatkan kesempatan untuk masuk ke istana bogor saat ulang tahun kota Bogor. Masuknya juga harus dengan rombongan dan memakai baju batik.

source : asri

source : asri



  • The Jungle
            Ada 4 macam jenis the jungle yang terpisah di berbagai lokasi. Salah satu yang saya kunjungi adalah wahana bermainnya. Disini menyediakan arena bermain yang bakal menguji nyali kamu. Yuk bagi kamu yang suka permainan menguji nyali, the jungle ini wajib kamu kunjungi



  • Kuntum farmfield
Ini adalah salah satu agrowisata yang ada di kota Bogor. Tempat ini mengangkat konsep pertanian terpadu. Jadi kamu bisa melihat tanaman, peternakan dan perikanan disatu tempat. Tempatnya juga didesain sangat menarik sehingga cukup memanjakan mata dan cocok untuk melepas lelah.

  • Kebun Raya Cibodas
 Menurutku, kebun ini lebih tertata rapi dibandingkan kebun kebun raya Bogor. Kebun ini menawarkan lapangan hijau yang luas dan pesona curugnya. 


  •  Water Kingdom Mekarsari
Water park ini merupakan waterpark yang lengkap dengan segala wahana airnya. Masih ingat, saya bersama teman mengunjungi pada saat promo pembukaan pertama kali. Saat itu harganya masih Rp 12.500 hehe

  • Curug
Di bogor terdapat banyak sekali curug seperti curug Cilember, Ciherang, Luhur dan masih banyak curug lainnya.  Bagi kamu yang suka sekali main air sekaligus pecinta alam. Curug merupakan destinasi yang pantas untuk dikunjungi.

P.S : Sebenarnya masih banyak destinasi kece lainnya yang saya kunjungi saat saya berada dibogor dari tahun 2012 sampai 2015. Namun, berhubung keterbatasan foto saya tidak bisa menulis lebih lanjut. Saat ini saya yakin sudah banyak bermunculan tempat-tempat wisata baru di Bogor.

Comments

Popular Posts