PENGALAMAN MENGIKUTI BEASISWA CCIP 2017/2018 : WHAT SHOULD I WRITE IN ESSAY



Bagian esai adalah bagian terpenting dari aplikasi. Apa yang kita tulis di esai tersebut menjelaskan tentang diri kita dan impian kita. Informasi ini tentu berguna bagi panitia seleksi untuk mengetahui karakter kita apakah sesuai dengan kriteria yang mereka cari. The important one is the truth. Isi esai kamu dengan sejujur mugkin yang mewakili diri kamu, cita-cita kamu dan kontribusi kamu. Kalau aku sendiri untuk pengisian esai sebaiknya tidak menggunakan SKS atau sistem kebut semalam. Hal pertama yang aku lakukan adalah membaca setiap pertanyaan yang ada dan memahami makna serta maksud yang inginkan. Setelah memahami pertanyaan tersebut dengan baik, aku mulai melakukan studi literatur (Bhaha gayanya udah kaya buat TA aja).. Maksudnya aku mulai dah tu cari-cari referensi dalam pengisian esai dengan blog walking. Banyak juga liat blog alumni CCIP, sehingga nambah pengetahuan buat aku. Kemudian aku mulai merumuskan poin-point penting yang ingin aku tuangkan dalam esai. Hal ini aku lakukan selama 3 hari. Setelah poin-poin tersebut dirasa kuat aku mulai membuat premis-premis sehingga nantinya akan membantuku dalam penyusunan esai. Setelah itu, aku mulai mengarang bebas. Yang terpenting tulis aja apa yang ada difikiran. Setiap esai yang ditulis sebaiknya dibaca berulang-ulang sehingga kita bisa mengetahui kekuatan esai kita dan menemukan kelemahan dalam esai kita. Teruslah memperbaiki esai yang kita buat. Caranya ya itu tadi rajin-rajin dibaca sehingga nanti kita bisa menemukan kelemahan dalam esai kita dan bisa memperbaikinya. Posisikan diri kita sebagai pihak pemberi beasiswa sehingga kita bisa menentukan apakah esai kita menarik atau tidak. But remember, Jangan ceritakan sesuatu diluar akal sehat haha. ..
Berhubung aku orangnya lemah di structure, aku meminta bantuan orang yang lebih baik englishnya daripada aku untuk menilai esaiku. Alhamdulillah  orang yang aku minta bantuannya bersedia untuk membantu. Terimakasih kak Ilham atas masukannya. A special thanks for my english teacher (Ms.Sandy) because help me to correct my grammatical errors.
Ada tujuh esai yang mesti kita isi. Berikut penjelasan singkat mengenai esai di aplikasi CCIP
1.                  Within your proposal field of study, what do you want to study? Please describe in detail your specific concentration areas of interest within your field of study. (Your response should be a minimum of two paragraphs. Your response helps us to match your interests with college programs).
Di pertanyaan ini kita diminta untuk menjelaskan jurusan apa yang ingin kita pilih. Jelaskan lebih detail dalam konsentrasi ilmu yang kita pilih. Ditahun ini, kita boleh milih satu atau lebih dari konsentrasi area (max 3). Misalnya aku kan pilih jurusan agriculture nah aku jelasin tu kenapa aku ingin belajar agriculture. Trus aku jelasin lebih detail di konsentrasi area yang aku pilih. Dalam hal ini aku milih konsentrasi areanya agribisnis dan smale scale food production.
I have taken agribusiness because I can learn “how to build a business” especially in agriculture include what I need and how I begin. This knowledge will be useful for me in the future. I will use this skill to market agricultural products from my town until overseas market providing in the future is MEA era. Furthermore, my town is one of world trade way between Indonesia and Malaysia. It is become strength point. Vice versa, I took smale scale food production because I can learn how to create home industry through food business. I can learn make agricultural products as food so that increase economic value of its.”

2.                  Please describe your related experience within this field of study. How would this program of study build on your past education, training and/or experience? If you are new to this field, why did you choose this field? (Your response should be a minimum of two paragraphs. Your response helps us to match your interests with college programs).

Dalam pertanyaan ini kita diminta untuk menggambarkan pengalaman kita yang berhubungan dengan bidang yang ingin kita ambil baik itu pengalaman semasa kuliah, pendidikan dan pekerjaan kita maupun training yang pernah kita ikuti. Jika kita baru dalam bidang ini (tidak berkaitan dengan pendidikan kita) jelaskan mengapa pilih bidang ini. Berhubung bidang yang aku ambil sejalan dengan jurusan sewaktu kuliah jadi aku jelasin bagaimana pengalaman aku berkaitan erat dengan bidang yang aku pilih.

“I graduated from Bogor Agricultural University…..”
“In addition, now I am working at Department of Agriculture, Livestock and Food Security in Meranti Regency. ….”
“ These reasons made me choose this field to increase my skill and knowledge so that can giving the best serve.”

3.                  Please describe your future professional and personal goals. How would the CCI Program help you to achieve these goals? (Your response should be a minimum of one paragraph. Your response helps us to match your interests with college programs).

Dalam pertanyaan ini kita diminta untuk menyebutkan goal kita dimasa datang dan bagaimana CCI program ini bisa ngebantu kita untuk mewujudkan goal kita tersebut. Buat goal yang masuk akal ya jangan berlebihan.

“My future goal is helping farmers through transfer knowledge that I got when I was participated this program……”
“When I came back, I can apply this knowledge to my town which has less human resource. I am very sure through this program my dreams will be come true.”

4.                  Please describe a problem or challenging situation in your educational, professional, or personal life and describe how you resolved it and what you learned from this situation.

Dalam pertanyaan ini kita diminta untuk menjelaskan pengalaman hidup atau situasi menantang saat kuliah atau kerja. Jelasin juga bagaimana kita menghadapinya dan sertakan juga apa yang bisa kita pelajari dari peristiwa yang kita alami tersebut. Tapi jangan curhat tentang meriang ya (merindukan kasih sayang) hahaha jadi baper..  kalau aku ceritain gimana hampir putus asanya adaptasi pas kuliah yang jauh dari rumah terlebih saat kuliah di jurusan yang aku gatau sama sekali.

5.                  If you participated in this programs, how do you think your contributions to your community will be different in five years?

Dalam pertanyaan ini kita diminta untuk menjelaskan kontribusi kita terhadap komunitas dalam 5 tahun kedepan.
“Participating in this program will give me many advantages and experiences. In five years,…..”
 “The last I will have my own small business for participating to increase economic growth.”

6.                  a.)  what part of US culture are you eager to experience? Why?
b.) what would you like to share about your country and its culture with the people you meet who may have limited knowledge about it?

Dalam hal ini kita jelaskan budaya amerika apa yang ingin kita pelajari dan budaya Indonesia apa yang ingin kita share kepada foreigner.
“As we know, America is multicultural country. Many people lived there from another country. There are a lot of custom, traditions and positive values that I can learn. I want imitating their discipline, courage and open-minded behaviour.”
“Not different with US, Indonesia is unique country which has many beautiful things. From culture, food until language that we cannot find in other country. So I want to show the beauty of Indonesia to them.”

The last but not least..

7.                  What do you think will be most challenging for you about being away from your home for a year and living in shared housing with diverse, multinational participants? What steps will you take to overcome these difficulties?

Dalam hal ini kita jelaskan situasi apa yang paling menantang saat kita belajar di US nanti. Apa cara untuk mengantisipasi situasi tersebut. Berhubung bakal jauh dari keluarga jadi hal yang aku angkat adalah tentang homesick. Sebenarnya masih banyak hal yang bisa kamu angkat..

Sekian post mengenai pengisian esai kali ini.. Remember to always read your essay and make it perfect even though nothing perfect in this world. Once thing, When u write down your essay just straight to the point because American don’t like long explanation et al.




Comments

Popular Posts