TIPS MENGHADAPI CPNS

Hi gaes .. berhubung tes cpns segera dibuka lagi. Aku jadi kepikiran buat nulis (akhirnya setelah sekian lama vakum). Kali ini mau bahas tips dan trik buat menghadapi tes CPNS karena banyak banget yang nanya sama aku gimana caranya buat lulus tes CPNS. Jadi tulisan ini diharapkan bisa dibaca bagi teman teman yang membutuhkan informasi mengenai seluk- beluk dunia CPNS.

Sedikit background tentang aku nih gaes. Aku adalah CPNS yang ikut tes tahun lalu (read: 2018) di Kementerian Pertanian. Aku mengambil formasi jabatan Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan Terampil dengan pilihan lokasi UPT SKP Kelas II Tanjung Balai Karimun.

Disclaimer : Tulisan ini  murni berdasarkan pengalaman pribadi aku jadi tidak ada jaminan 100% buat lulus. Kelulusan tergantung usaha sobat semua serta doa orang tua dan tidak lupa juga faktor “Keberuntungan”.

1.     Pahami dan Perdalam informasi
            Hal pertama yang perlu sobat tahu adalah informasi yang legit mengenai tes CPNS itu sendiri. Karena pada momen-momen tersebut pasti banyak sekali informasi yang beredar dan masih diragukan kebenarannya. Sobatku harus melakukan “internetsurfing mengenai kapan tes CPNS resmi dibuka pendaftarannya. Catat timeline nya agar sobatku tidak ketinggalan. Perlu diingat juga terkadang banyak faktor yang menyebabkan tes CPNS selalu diundur. Keep yourself update!

2.    Make your choice wisely
            Maksudnya kamu harus berpikir dengan matang mengenai pilihan kamu saat ingin mendaftar CPNS. Mulai dari formasi yang diambil sampai penempatan. Formasi yang diambil hendaknya relate dengan background kamu jangan sampai nanti status lulusmu dibatalkan hanya karena jurusan kamu tidak sejalan dengan jurusan yang diminta pada formasi jabatan. Selain itu, lokasi juga berperan penting dalam faktor kelulusan. Sobat harus bisa membaca peluang dimana sobat memiliki kesempatan yang lebih besar untuk lulus. Ex Lokasi penempatan di pulau jawa biasanya memiliki peminat yang lebih banyak daripada pulau-pulau lainnya.   Jadi kesempatan lulus lebih besar jika sobat memilih lokasi luar jawa dengan kuota yang banyak. Ya gapapa lah merantau jauh dikit, hitung-hitung explore Indonesia hehe. Kecuali sobat benar-benar yakin sobat sangat potensial buat lulus dilokasi tsb.

3.    Persiapkan berkas in advance
            Berkas merupakan faktor penting yang harus dipersiapkan karena menjadi penentu untuk kelulusan administrasi. Persiapkan berkas-berkas sedini mungkin. Sobat harus memiliki berkas dalam format .doc, .pdf, .jpeg atau sesuai yang diminta. Jangan lupa di compress ya karena biasanya upload berkas tidak bisa melebihi ukuran tertentu.

4.    Persiapan belajar untuk tes
            Apabila tes administrasi dinyatakan lulus, maka sobat akan mengikuti tes SKD (Seleksi Kemampuan Dasar). Tes ini terdiri dari TKP, TIU dan TWK. Tes ini dilakukan online melalui sistem CAT. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes ini berkisar 1 jam 30 menit.
 Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dilaksanakan untuk menilai pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan: 
a. Nasionalisme 
b. Integritas 
c. Bela Negara 
d. Pilar Negara 
e. Bahasa Indonesia 
f. Pancasila 
g. Undang-Undang Dasar 1945 
h. Bhinneka Tunggal Ika 
i. Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar). 

Tes Intelegensia Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai beberapa aspek berikut: 
a. Kemampuan verbal, yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. 
b. Kemampuan numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka.
c. Kemampuan figural, yaitu kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram. 
d. Kemampuan berpikir logis, yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis 
e. Kemampuan berpikir analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematis.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Pada tes ini, sikap seperti semangat, kreativitas, kemampuan beradaptasi dan mengendalikan diri menjadi yang diuji. Berikut selengkapnya:
a. Pelayanan publik 
b. Sosial budaya 
c. Teknologi informasi dan komunikasi 
d. Profesionalisme 
e. Jejaring kerja 
f. Integritas diri 
g. Semangat berprestasi 
h. Kreativitas dan inovasi 
i. Orientasi pada pelayanan 
j. Orientasi kepada orang lain 
k. Kemampuan beradaptasi 
l. Kemampuan mengendalikan diri 
m. Kemampan bekerja mandiri dan tuntas 
n. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
o. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok 
p. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain
            Pengalaman pribadi aku, sebelum menghadapi tes hari H. Aku banyakin buat simulasi CAT. Tujuannya agar kita terlatih untuk memanajemen waktu untuk menjawab 100 soal dalam waktu 1 jam 30 menit. Disaat aku belajar simulasi aku selalu memikirkan bahwa tes ini real jadi berusaha semaksimal mungkin. Dengan perbanyak latihan membantu kita memahami pola soal dan mengingat jawaban untuk soal-soal dengan jawaban pasti (Terutama yang berkaitan dengan sejarah). Tidak menutup kemungkinan soal-soal simulasi akan muncul saat tes hari H. Selain belajar pribadi dengan simulasi, luangkan waktu juga untuk membahas soal bersama teman biasanya sitem belajar ini juga akan membantu kita untuk lebih memahami materi.

5.    Tes Hari H.
·      Saat tes, usahakan untuk datang lebih awal sehingga kita bisa membaca situasi dan mempersiapkan segala sesuatu yang kurang terlebih jika ada perubahan yang diumumkan panitia di lokasi tes
·      Tidur yang cukup dimalam hari. Boleh belajar tapi jangan sampai larut malam. Pengalaman aku dulu malam sebelum tes aku sudah tidak belajar lagi. Hal ini aku lakukan untuk memberikan istirahat ke otak agar maksimal dipakai saat hari H.
·      Usahakan sarapan atau makan sebelum tes karena tes butuh banyak energi
·      Sebaiknya gunakan jam agar membantu memanajemen waktu
·      Saat tes usahakan fokus dan jangan hiraukan peserta lain (terlebih saat peserta yang selesai dan keluar ruangan terlebih dahulu)
·      Pengalaman aku dulu, pertama kali yang aku kerjakan adalah soal TKP. Untuk bagian ini aku menentukan menggunakan waktu 30 menit pertama. Usahakan fokus agar soal dapat dibaca, dipahami dan dijawab dalam sekali bacaan. Apabila dirasa sulit, langsung skip kesoal berikutnya dan catat nomor soal yang belum terjawab. Apabila telah lewat 30 menit langsung stop untuk bagian TKP. Langsung pindah ke soal bagian lain. Kalo aku dulu mengerjakan TWK baru TIU. Polanya sama. Setelah selesai, gunakan waktu yang ada untuk menjawab soal-soal yang belum sempat terjawab sebelumnya.
Mungkin itu dulu ya tips dan trick dari aku. Tulisan bisa berlanjut tergantung permintaan hehe.. Kalau ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar yaBtw dibawah aku sertakan link modul dulu yang aku pakai buat belajar tes SKD.

LINK MODUL TES SKD

Comments

Post a Comment

Popular Posts