PENGALAMAN MENGIKUTI BEASISWA CCIP 2017/2018 : SUBMIT APPLICATION FORM



Udah lama ga cek instagram akhirnya sore itu aku buka deh tu instagram yang udah usang dan berdebu heheh.. Tau-taunya dapat notif tag-an dari sahabat aku Siti Nasyukha (read: bedah). Wah kira-kira dia ngetag apaan ya pikirku. Nah setelah aku buka ternyata sahabat terbaikku itu memberikan informasi mengenai program beasiswa yang sama sekali aku ga pernah denger sebelumnya. Beasiswa itu bernama Community College Initiative Program atau yang lebih akrab dipanggil CCIP. Setelah dibaca-baca wah ternyata beasiswa ini bagus juga menawarkan banyak keuntungan bagi awardee nya. I’m interested of u CCIP :* hahah.. Tidak ada salahnya mencoba pikirku lagipula susah mencari beasiswa bagi tamatan D3 sepertiku. Beasiswa ini merupakan salah satu caraku untuk bisa merasakan pendidikan di luar negeri. Terlebih lagi negaranya Amerika cuyy.. Siapa coba yang ga mau kesana.. Walhasil aku membulatkan tekad untuk mencoba apply beasiswa ini meskipun banyak persyaratan yang belum aku penuhi.. Sebelumnya terimakasih juga buat sahabatku bedah.. Karena tanpa dia mungkin aku ga tau informasi mengenai beasiswa ini. Dia adalah sahabat yang mempunyai visi yang sama denganku. Target besar kita adalah bisa belajar di luar negeri. Kita selalu berbagi informasi mengenai link-link beasiswa dan selalu menguatkan disaat semangat meraih mimpi mulai down.. Love u girl :*
Waktu deadline berkas kurang lebih tinggal sebulan sejak aku menerima informasi tersebut. Dari situ aku mulai mempersiapkan apa yang perlu dipersiapkan. Berikut dokumen yang harus kita submit ke AMINEF:
-          Completed application form
Dalam form aplikasi ini kita diwajibkan untuk mengisi data pribadi kita dan menjawab 7 buah essay yang telah disediakan. Data pribadi yang diisi meliputi informasi umum diri kita, jurusan yang dipilih, riwayat pendidikan, riwayat organisasi, riwayat kerja, kemampuan bahasa dan kontak yang bisa dihubungi. Untuk essay, informasi selengkapnya bisa baca di post berikutnya. Form ini dalam bentuk pdf. Berhubung kita harus submit hardcopy jadinya kita ketik sendiri lalu di print. Sebenarnya boleh tulis tangan, namun saranku mending diketik saja karena selain rapi ujungnya nanti kalian disuruh ketik juga.. jadi biar ga kerja dua kali kan ya.. tipsnya jawaban kalian diketik di word dulu baru dicopy-paste ke pdfnya. Karena jika langsung ketik di form, tulisannya bakal gede jadi space yang disediakan tidak akan cukup.

-          Copy of your most recent, less than two years old, TOEFL Score report
Kita harus melampirkan salinan hasil tes TOEFL kita. Ditahun ini boleh pakai TOEFL Prediction namun aku tetap menggunakan TOEFL ITP. Syarat TOEFL untuk apply beasiswa ini adalah min 450. Suka duka ku menjalani tes TOEFL bisa baca di post berikutnya.

-          Copy of your high school diploma and transcript
Lampirkan juga fotokopi ijazah SMA dan SKHUN yang telah dilegalisir asli oleh sekolah kalian. Untuk versi English kalian bisa menterjemahkannya melalui sekolah, lembaga ataupun penerjemah tersumpah. Syarat ini untuk tamatan SMA dan universitas.

-          Copy of D1/D2/D3/S1 diploma and transcript
Syarat ini bagi yang telah menamatkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi. Lampirkan fotokopi ijazah beserta transkip nilai dalam versi bahasa Indonesia dan Inggris.
Sebagai informasi, untuk versi englishnya aku menggunakan jasa sworn translator yakni  Jakarta Translation Center. Hal ini dikarenakan aku tidak mempunyai banyak waktu untuk ditranslate oleh pihak sekolah atau kampus yang notabene berbeda dengan tempat tinggal ku. Biaya jasa sworn translator ini 50 ribu/halaman. Kita cukup mengirimkan scanned dokumen yang ingin ditranslate kemudian setelah itu mereka akan mengirimkan softcopy dan hardcopynya. Kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1 minggu.

-          Copy of identity document ( KTP or passport)
Rasanya ini sudah cukup jelas ya.. Lampirkan fotokopi KTP atau passport kita. Kalau belum punya passport cukup fotokopi KTP aja.

-          Official Statement of Employment ( Surat Keterangan Bekerja) from Employer/Work Supervisor or HR Officer in Bahasa Indonesia
Surat keterangan bekerja dibuat oleh atasan kita. Kalau kerja diperusahaan berarti bagian HRD ataupun supervisor kita. Berhubung aku kerja di Dinas, jadi surat keterangan bekerja ku ditandatangani oleh Sekretaris Dinas ku.. Eniwei, Terimakasih buat bang Dwi yang udah ngetikin surat nya yang sempet salah beberapa kali hehe.. Makasi buat pak Herman yang memberikan rekomnya . Teruntuk Bapak Buah alias Pak Jak hehe makasi pak udah mau TTD suratnya :D..

Setelah semua persyaratan terkumpul. Jangan lupa untuk melakukan cek.ricek kembali terhadap dokumen yang akan dikirimkan karena lolos tidaknya seleksi administrasi sangat bergantung dari aplikasi yang kita kirimkan. Pastikan semua lengkap dan sesuai urutan yang diminta. Ada sebaiknya mengirimkan aplikasi jauh sebelum deadline karena tentu merupakan poin plus (katanya :p). Namun, pengalamanku aku mengirimkan dokumen tanggal 23 November 2016 sedangkan deadlinenya tanggal 25 November 2016. Hal ini karena aku mesti nunggu nilai TOEFL ku keluar. Dalam submit application ini aku berterima kasih yang sebesarnya kepada adikku tercinta karena beliau sudi menyempatkan waktunya untuk menolongku mengirimkan paket. Betapa tidak, jika dokumen aku kirimkan melalui daerahku itu akan memakan waktu paling cepat 3 hari, sedangkan deadlinenya tanggal 25. Nah, jadinya aku mengirimkan dokumen ku lewat kapal menuju pekanbaru. Untuk tarif dokumen biasanya cuman 10 ribu tapi aku dimintai 20 ribu sama bapak itu. Haduh pak kok tega sama aku sih L.. Bukan masalah uangnya tapi masalah bohongnya itu loh… Tapi aku anggap itu semua perjuangan.. mudah-mudahan mendatangkan kebaikan kepadaku kedepannya.. Jadi nya mah di ikhlasin aja..  Berhubung adikku susah sekali bangun pagi jadi aku bombardir dengan telpon dihari itu mengabarkan bahwa aku mengirimkan paket dan jangan lupa buat ambil paketnya terus ambil juga hasil TOEFLku di LTI Pekanbaru.
Sebenarnya ada perasaan cemas dihatiku, karena aku belum tahu nilai TOEFL ku berapa. Nilai standar untuk seleksi berkas CCIP ini adalah 450. Jadi kalau misalnya nilaiku dibawah itu maka pupus sudah harapanku untuk mengirimkan berkas. Sia-sia usahaku menyiapkan semuanya. Namun, disatu sisi aku pasrah dan menyerahkan semua kepadaNya. Aku meyakini kalau memang ini jalanku maka Allah pasti mempermudah jalanku. Akhirnya dengan rasa nekat yang tinggi aku kirimkan berkasku ke Pekanbaru tanpa nilai TOEFL. Bismillah.
Siang harinya adikku mengabari kalau dia telah mengambil paketku dan akan segera mengambil hasil TOEFL ku di lembaga tersebut. Betapa galaunya saat itu menanti hasil TOEFL ku. Alhasil adikku mengabarkan bahwa nilaiku 457. Alhamdulillah, meskipun tidak tinggi setidaknya Allah telah memberiku jalan untuk berjuang disini. Akhirnya aku meminta adikku untuk memperbanyak (fotocopy) hasil tersebut lalu salah satu dari fotokopian tersebut dimasukkan kedalam berkas yang aku kirim sebelumnya. Tak lupa juga aku ingatkan beliau untuk mengikuti urutan yang aku sebutkan. Setelah semuanya fix, akhirnya aku meminta adikku untuk mengirimkan ke Jakarta dengan One Day Service mengingat deadline didepan mata. Alhamdulillah paketku sampai di AMINEF tanggal 24 November sore. Thanks my bro Deni Armen :*…
Once more, check ur application carefully before submit. Don’t miss anything. Good luck :)

Comments

Popular Posts