QUESTION/ANSWER (S) MENGENAI KEHIDUPAN KU SELAMA DI AMERIKA



Nah ini beberapa pertanyaan yang aku dapat dari kalian semua. Aku tulis secara random aja ya. Oh ya cuman segini yang aku ingat. Feel free to ask me if you have more questions. I will update it.

*Disana ada kucing jalanan ga?
Ada, tapi biasanya kalau sudah ditemukan sama penduduk kucing tersebut bakal dibawa pulang untuk dirawat sama mereka atau bakal diserahkan ke penampungan hewan untuk dirawat. Jadi jarang sekali menemukan kucing liar.

*Kapan pulang?
Aku bakal pulang May 2018. Tenang pasti pulang kok.. Jadi buat kamu-kamu yang merindukan aku sabar ya lol

*Makan gimana? Masak sendiri ya?
Kalau ada waktu pasti disempatin untuk masak sendiri. Selain untuk menghemat pengeluaran juga untuk memanjakan lidah Indonesia hahah. Kalau ga sempat ya paling jajan di luar atau menunggu makanan gratis kalau ada event (mahasiswa banget). Tapi lebih sering masak kok walaupun sekedar Indom*e

*Kamu dapat beasiswa ya? Dimana?
Iya aku dapat beasiswa CCIP dari AMINEF untuk pertukaran pelajar selama 10 bulan di Amerika.

*Gimana cara dapet beasiswanya?
Semua tahapannya sudah aku bahas di post sebelumnya jadi baca aja kalo pengen tahu. Happy readingJ

*Berapa orang dari Riau?
Pertanyaan ini aku dapatkan karena memang aku berasal dari Riau. Untuk program CCIP tahun ku hanya aku sendiri mewakili Riau.

*Disana kelasnya mulai jam berapa?
Tergantung jadwal course kita. Sama seperti di Indonesia. DIsini course paling awal start jam 8 pagi. Dan kelas ku sebelumnya kebanyakan dimulai di pagi hari.


*Disana jam berapa? Lol
Biasanya aku suruh mereka hitung sendiri. Sebelum winter wilayah Cedar Rapids memiliki perbedaan waktu 12 jam dengan WIB. Masuk winter sekarang udah beda 13 jam. Hal ini bisa berbeda di lain state

*Kalau winter jarang mandi ga?
 Iya sih haha. Paling 1 hari sekali kalau dingin banget. Selain itu karena memang badan kita tidak mengeluarkan keringat dan kotor

*Enakla ya s1 di Amerika
Ga kok. Ini aku programnya non-degree jadi bukan untuk meraih gelar

*Natal kamu gimana? Ngerayain ga?
Kami merayakannya dengan kumpul bersama teman-teman, makan-makan dan jalan-jalan. Kalau dengan mentor family, pasti kerumahnya. Berhubung lagi liburan ya menghabiskan waktu dengan teman-teman

*Kamu tinggalnya dimana sih?
Aku dapet penempatan di Kirkwood community college di Cedar Rapids IOWA. Untuk CCI disini kami mendapatkan kamar sendiri cuman share bathroom and kitchen aja. Beda kampus beda ketentuan

*Berapa orang dari Indonesia?
Ini juga sudah aku bahas di post sebelumnya. Kami CCI dari Indo ada 30 orang yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia dan tersebar di beberapa state di Amerika

*Gimana sih salju itu?
Hmm gimana ya.. Putih dan dingin haha. Kamu tau es2 di kulkas itu kan? Nah seperti itulah kira-kira. Kalau diinjak crunchy-crunchy gimana gitu

*Senang ga ketemu salju?
Of course, karena ini pengalaman pertama. Berkesan banget saat ngeliat salju turun pertama kali. Tapi lama kelamaan biasa aja. Aku suka salju nya tapi tidak dinginnya. Dingin membuat aku buhang haha JK


*Pernah buat boneka salju?
Belum karena dingin banget jadi maunya tiduran aja dikamar.

*Kamu jurusan apa?
Aku daftarnya untuk jurusan AG business. Disini kamu bisa milih untuk sertifikat atau tidak. Kalau memilih untuk sertifikat kamu tidak bisa memilih course yang kamu inginkan harus mengikuti sistem yang ada. Untuk program aku, mereka tidak punya sertifikat 1-year harus 2-year. Berhubung aku cuman 10 bulan jadi aku tidak mengambil sertifikat, aku hanya mengambil course saja. DIsni aku bisa memilih course dari departemen lain selagi lagi masih berhubungan dengan bidang mu. (min ambil 1 course dari departmentmu). Untuk per semester aku mendapatkan 12 kredit. 1 course biasanya 3 kredit jadi aku dapet 4 course. Nah spring semester ini aku mengambil 1 course di English department, 1 course di Ag department dan 2 course di Business department.

*Kalau minum gmana?
Kalau disini rata-rata minumnya langsung dari air keran gitu. Tapi airnya sehat ko. Awal-awalnya ragu dan ngerasa airnya aneh tapi lama-kelamaan akan terbiasa ko

*Kamu tambah putih ya disana karena dingin?
Ah ga juga. Malah kulit kita jadi kering dan jerawatan

*share dong tips dan triknya
Aku sangat senang berbagi. Semuanya sudah aku tulis di blog. Budayakan membaca ya guys J

*Kehidupan muslim disana gimana?
Bervariasi sih perlakuan yang bakal didapat. Khususnya ditempat aku, kebanyakan orang welcome dan tidak membeda-bedakan. Tapi aku juga pernah mendapatkan middle finger saat aku berjalan menuju kampus dari orang yang tidak kenal. Tapi itu hanya segelintir aja. Sedih sih maksudnya kita tidak melakukan apa-apa tapi mereka sudah prejudice duluan. Yah mikirnya positif aja.Berbeda kalau kamu ke kota besar, kamu akan merasa lebih bebas karena disana banyak muslimnya dan orang-orang disana lebih open-minded

*Ada masjid ga sih?
Khususnya ditempatku agak susah. Aku hanya menemukan satu (Islamic center) dan itu juga sedikit jauh dari apt.

*Sholat bagaimana?
Sedikit kesusahan diawal. Triknya kamu harus punya aplikasi untuk sholat karena waktunya bakal berbeda tiap musim. Di aplikasi ini kamu bisa melihat waktu sholat dan arah kiblat. Oh ya kebanyakan sholat dilakukan jamak di apt karena waktunya  bentrok dengan waktu kuliah dan sulit untuk sholat ditempat umum.

*Apa kabar TRUMP?
Waahh haha kayanya dia masih sehat-sehat aja tuh

*Ketemu artis ga?
Masih belum huhu. Sebenarnya bisa kalau menghadiri konser mereka. Cuman di aku aksesnya agak sulit.






Comments

Popular Posts