PENGENALAN DAN PENGGUNAAN ALAT PENGAMBILAN CONTOH AIR


Nama : Mira Aryuni
NIM : J3W412005
A.PENGENALAN DAN PENGGUNAAN ALAT PENGAMBILAN CONTOH AIR
Peneliti sumber daya air tidak hanya harus fokus pada penilaian penentuan lokasi, kuantitas dan ketersediaan air, tetapi juga kualitas air. Kualitas tubuh air tertentu, baik sungai, sungai, danau atau muara dapat dinilai dengan memeriksa karakteristik fisik, kimia dan biologi. Parameter ini dapat dievaluasi berdasarkan pengambilan sampel kedua air itu sendiri, sedimen dan kehidupan air didukung oleh tubuh air yang diperiksa.
Instrumentasi dan samplers dalam bagian ini adalah penggunaan standar oleh USGS, EPA dan badan-badan federal dan negara lainnya serta standar internasional untuk pengujian sebagaimana ditetapkan dalam pedoman ISO. Untuk menyediakan data bagi para perencana, pengembang, kualitas air dan polusi manajer kontrol badan, tingkat kehandalan yang tinggi dan standarisasi data ini sangat penting.
Instrumentasi dapat dikategorikan ke dalam samplers kualitas air seperti Kemmer, horizontal dan vertikal Van Dorn botol air, samplers benthos seperti Ekman, Ponar dan Van Veen, substrat samplers seperti Hester-Dendy dan perifiton, core tangan standar Kajak-Brinkhurst ( KB) dan inti gravitasi tabung dan samplers air mengalir air seperti jaring surber, Hess dan drift.
Sifat fisik dan kimia dapat dievaluasi dengan instrumen yang terus memantau dan merekam sifat-sifat atau tempat pemeriksaan saat hidrologi sebenarnya di lokasi melakukan pengukuran.Samplers ini akan mengumpulkan sampel air atau sedimen untuk pemeriksaan di laboratorium atau di tempat dengan berbagai tes. Pengukuran  kualitas air dapat digunakan di tempat dengan data yang tercatat untuk analisis nanti.
Samplers digunakan untuk penilaian parameter biologi meliputi perifiton, makroinvertebrata bentik dan ikan.

Sampler air untuk penggunaan lapangan datang dalam beberapa gaya yang berbeda untuk aplikasi yang berbeda dan protokol pengambilan sampel. Samplers ini mengumpulkan sampel air pada berbagai kedalaman dan lokasi untuk kualitas air dan analisis organisme.


Diskrit Air Sampler
Sampling Dip melibatkan mencelupkan botol ke dalam badan air. Sampling Dip tidak dianjurkan untuk debit-tertimbang pengambilan sampel bila mungkin untuk mendapatkan kedalaman-terintegrasi, sampel isokinetic. Kesalahan diperkenalkan oleh sampling dip bisa signifikan jika target menganalisis diserap menjadi bahan ditangguhkan yang tidak merata sepanjang penampang. Perawatan harus diambil untuk menghindari mengumpulkan partikel yang resuspended akibat mengarungi atau menabrak sampler pada dasar sungai. Prosedur adalah sebagai berikut:
Untuk mengumpulkan sampel berenang di air yang terlalu dangkal untuk menenggelamkan sebuah, isokinetic kedalaman-mengintegrasikan sampler, menyeberang ke tempat sampel (s) akan dikumpulkan dan membenamkan botol di centroid aliran atau di beberapa lokasi di sepanjang penampang.
Berdiri hilir botol saat itu sedang diisi.
Untuk mengumpulkan sampel dip mana air terlalu dalam untuk menyeberang, menurunkan sampler tertimbang-botol pada centroid aliran atau di beberapa lokasi di sepanjang penampang.Air adalah merupakan salah satu sumber kehidupan manusia yang dapat berfungsi baik itu sebagai keperluan konsumsi maupun untuk keperluan produksi. dalam menjaga kualitas air agar tetap berada pada kondisi dan fungsinya, maka perlu dilakukan suatu usaha penanganan yang bermula dari penentuan akan unsur-unsur penyusun air sehingga didapatkan suatu parameter  pengukuran kualitas air.
Salah satu upaya untuk mengetahui kualitas air di perairan adalah dengan cara diperiksa kualitasnya di laboratorium. Dalam pengambilan sampel air hendaknya kondisi atau konsentrasi zat dalam air tidak berubah atau harus sama dengan kualitas perairan. Untuk itu maka harus menggunakan alat dan metode pengambilan sampel yang tepat. Hal ini erat kaitannya dengan akurasi hasil analisis.
Alat-alat pengambilan contoh air air seperti yang ditunjukan dalam praktikum adalah sebagai berikut:
1.Kemerrer Water Sampler
Kemerrer merupakan alat pengambil sampel air baik air tawar maupun air laut. Alat ini terbuat dari logam dengan kapsitas 500 ml. Alat ini terbuat dari logam anti karat yang berbentuk tabung dengan berbagai fasilitas pendukungnya seperti karet penutup tabung (uv), karet pengikat antar penutup (ch), tali pengancing  penutup saat terbuka (s), penjepit tali pengait (js), pembuka penjepit (j), tali penggantung kemmerer (l), selang udara (h), penjepit selang udara (p), selang pengambilan air dalam tabung (dh) dan besi  penindis pembuka penjepit (m).
Prinsip Kerja:
Kedua penutup tabung terikat dengan karet penarik sehingga dapat menutup tabung ketika pemberat yang dilepaskan dari atas menekan pembuka penjepit atau pengancing penutup saat terbuka, dengan demikian air yang ada di dalam tabung tidak akan terkontaminasi dengan air yang tidak dikehendaki untuk dijadikan sampel pengamatan
Air Sampling Botol - Kemmerer Type
Botol Sampel Kemmerer digunakan untuk mengumpulkan air dan plankton pada kedalaman tertentu. Salah satu manfaat utama adalah konstruksi kasar dan kehandalan. The Wildco ® Kemmerer samplers botol datang dalam empat bahan yang berbeda, stainless steel, akrilik, PVC dan TEF. Dua ukuran standar 1,2 liter dan 2,2 L. Ukuran 4,2 L dan 6,2 L harus khusus dipesan.
Stainless Steel Kemmerer Botol
Berguna untuk pengambilan sampel tujuan umum pada kedalaman tertentu. Dalam operasi, sampler terbuka diturunkan pada tali lulus ke kedalaman yang diinginkan yang menjamin pembilasan lengkap botol seperti yang diturunkan. Kedua ujung botol ditutup dengan cara utusan dan sampel terganggu dibawa ke permukaan. Sampel dapat ditarik off dengan cara mengalir di stopper rendah.

Dibangun dari tabung sampel stainless steel dan segel poliuretan akhir, Kemmerer memiliki beberapa bagian yang bergerak dan membutuhkan sedikit pemeliharaan. 1,2 L volume.
Tersedia dengan atau tanpa tas, juga tersedia dalam bentuk Kit dengan 100 kaki dikepang, utusan line dan tas. Stainless steel.
601-029 Kemmerer, 1.2 L, w / Kasus 12 lbs.
601-030 Kemmerer, 1.2 L, Kit 13 lbs.

Plastik Kemmerer Botol

Besar untuk pengambilan sampel umum ketika stainless steel tidak diperlukan. Ini Samplers Kemmerer memiliki segel silikon membuka mulut lebar untuk profil yang lebih rendah dan pilihan 1,2 L atau 2,2 L volume di akrilik transparan dan buram bahan PVC. Acrylic adalah bahan, keras tahan lama dan PVC tahan terhadap asam, alkohol, hidrokarbon dan minyak. Bagian logam yang terbuat dari stainless steel.

Tersedia dengan membawa kasus atau dalam Kit lengkap dengan 100 meter dari garis poliester, utusan stainless steel dan tas.
601-042 Acrylic Sampler, 1,2 L w / Case 10 lbs.
601-043 Acrylic Sampler, 1.2, Kit 12 lbs.
601-044 Acrylic Sampler, 2.2 L, w / Case 13 lbs.
601-045 Acrylic Sampler, 2.2, Kit 15 lbs.
601-050 PVC Sampler, 1.2 L, w / Case 11 lbs.
601-051 PVC Sampler, 1.2, Kit 13 lbs.
601-052 PVC Sampler, 2,2 L w / Case 13 lbs.
601-053 PVC Sampler, 2.2 Kit 15 lbs.
Stainless / TEF Kemmerer Botol

Dibangun dari semua stainless steel dengan segel akhir TEF untuk sampling ketika stainless steel dan TEF diperlukan.

Tersedia dengan atau tanpa tas, atau dalam bentuk Kit dengan 100 kaki dari baja, kabel dan utusan kasus. 1,2 L kapasitas volume.
601-058 Stainless / TEF, w / Kasus 12 lbs.
601-059 Stainless / TEF, Kit £ 14.
TEF Kemmerer Botol

Dibangun dengan silinder TEF semua, segel akhir TEF dan kepala semua stainless steel perjalanan. Untuk menambah kekuatan, batang pusat TEF padat. Garis diganti memiliki adaptor TEF untuk melampirkan ke batang pusat. Sampel hanya menyentuh TEF memungkinkan penggunaan untuk jejak metals.1.2 Volume L.Tersedia dalam bentuk Kit dengan 100 meter dari kabel baja, stainless steel messenger dan kasus, atau tanpa kasus.
601-070 TEF Kemmerer, 1.2 L, w / Kasus 12 lbs.
601-071 TEF Kemmerer, 1.2 L, kit £ 20.
Botol Nansen / Van Dorn
Botol Nansen adalah alat untuk mendapatkan sampel air laut pada kedalaman tertentu. Botol, lebih tepatnya disebut silinder logam atau plastik, diturunkan dengan tali ke dalam laut dan ketika telah mencapai kedalaman yang diperlukan, berat kuningan atau disebut pemberat (messenger) terjatuh ke tali pemberat (messenger) mencapai botol, maka botol akan tertutup oleh sebuah pegas katup di bawah dan diatas botol lalu menjebak sampel air di dalamnya. Botol dan sampel kemudian diambil oleh surveyor menggunakan kabel atau tali. sampel air yang ada didalam botol ini lah yang akan digunakan nantinya untuk diteliti lebih lanjut. Messenger dapat diatur ketika akan dijatuhkan, dan diturunkan ke bawah kabel / tali sampai mencapai botol Nansen. Dengan memperbaiki kedalaman dan messenger yang akan dijatuhkan ke botol menggunakan kabel/tali, serangkaian sampel air pada kedalaman tertentu dapat diambil.
Untuk mengukur suhu air laut di kedalaman air sampling dicatat melalui suatu termometer reversing tetap ke botol Nansen. Ini adalah air raksa termometer dengan penyempitan dalam tabung kapiler yang ketika termometer tersebut terbalik, menyebabkan benang terperangkap air raksa dan dapat menunjukkan berapa derajat suhunya. Termometer non-dilindungi dipasangkan dengan yang dilindungi, dan perbandingan kedua pembaca suhu secara baik dapat memungkinkan dan tekanan pada titik sampling dapat ditentukan. Sampling menggunakan Van Dorn/ Nansen Bottle Sampler (Omori dan Ikeda,1992 )
Tabung Van Dorn atau Nansen Bottle Sampler terbuka diturunkan pada kedalaman tertentu. Tabung Van Dorn atau Nansen Bottle Sampler akan ditutup dengan meluncurkan ring atau besi pemberat sehingga bagian atas dan bawah akan tertutup.
Alpha dan Beta Van Dorn Type

Van Dorn botol sampel yang cocok untuk pengambilan sampel tujuan umum pada setiap kedalaman. Mereka dibuat di kedua desain horisontal dan vertikal dengan horisontal paling banyak digunakan untuk pengambilan sampel titik diskrit pada kedalaman tertentu. Desain Botol vertikal biasanya digunakan untuk studi stratifikasi dengan samplers beberapa atau tunggal ditangguhkan oleh kabel. Dua jenis masing-masing tersedia tergantung pada kebutuhan untuk logam jejak dan sampling organik. The Wildco ® Alpha Van Dorn botol yang digunakan untuk pengambilan sampel fisik, kimia dan biologi umum sementara Wildco ® Beta Plus dapat digunakan untuk jejak logam dan organik.
Van Dorn Vertikal PVC Water Bottle - Alpha Type

Selama keturunan, mulut botol vertikal terbuka lebar menawarkan pembatasan sedikit atau distorsi terhadap kelancaran arus air melalui botol. Hal ini memungkinkan sampel yang benar air tanpa jebakan air dari tingkat lainnya. Bebas pembilasan dan "di-seri" penyebaran dapat dicapai pada kedalaman tanpa mengekspos sampel untuk cahaya dengan botol vertikal. Mekanisme pelepasan utusan-aktif memiliki klem kabel terpisahkan memungkinkan samplers untuk dapat dengan mudah melekat pada setiap titik pada garis. Dibangun dari buram PVC, polyethylene, dan polyurethane, botol ini ditujukan untuk umum fisik, kimia, dan biologi analisis air (termasuk jejak logam dan organik). Satuan meliputi: 2.2 liter botol air vertikal, 20,0 m dikalibrasi polypropylene sejalan dengan wisuda 1,0 m, reel baris, 250 g utusan perunggu yang solid, dan tas. Catatan: di-seri penyebaran dari beberapa botol pada satu baris membutuhkan 333 g utusan perunggu perpecahan dengan lanyard
601-080 2.2 liter Vertikal PVC Alpha Botol £ 18.
601-081 333 g Membagi Messenger dengan Lanyard 3 lbs.
Van Dorn Acrylic Vertikal Air Botol - Beta Tipe Plus
Untuk bebas pembilasan dan "di-seri" penyebaran, ini botol vertikal mengumpulkan sampel air pada setiap kedalaman. Mekanisme pelepasan utusan-aktif memiliki klem kabel terpisahkan memungkinkan samplers untuk dapat dengan mudah melekat pada setiap titik pada garis. Dibangun dari polikarbonat yang jelas, polietilen dan silikon, botol ini adalah EPA disetujui untuk "ultra-bersih" analisis air, termasuk jejak logam dan organik. Satuan meliputi: 2.2 liter botol vertikal, 20,0 m dikalibrasi polypropylene sejalan dengan 0,5 m wisuda, reel baris, 250 utusan g perunggu yang solid, dan tas. Catatan: di-seri penyebaran dari beberapa botol pada satu baris membutuhkan 333 g utusan perunggu perpecahan dengan lanyard (dijual terpisah).
601-083 Beta 2.2 liter Vertikal Ditambah Botol £ 18.
601-084 333 g Membagi Messenger dengan Lanyard 3 lbs.
Van Dorn Botol Air Horizontal - Alpha Type
Mengumpulkan sampel air pada kedalaman tanpa mengekspos mereka untuk cahaya saat pengambilan. Botol horizontal secara khusus dirancang untuk lapis tipis stratifikasi dan studi bawah dekat. Messenger-diaktifkan mekanisme pelepasan menutup sampler tunggal pada akhir baris. Dibangun dari akrilik yang jelas atau buram PVC, polietilena, dan silikon, botol ini ditujukan untuk umum fisik, kimia, dan biologi analisis air (termasuk jejak logam dan organik). Satuan meliputi: 2.2 liter botol air horisontal, 20,0 m dikalibrasi polypropylene sejalan dengan 1,0 m wisuda, reel line, dan 250 g utusan perunggu yang solid dan tas plastik.
Air Alpha Botol Acrylic
601-087 Horizontal, w / Case 13 lbs.
601-088 Horizontal, Kit 15 lbs.
601-090 Vertikal, w / Case 15 lbs.
601-091 Vertikal, Kit 15 lbs.
PVC Alpha Air Botol
601-093 Horizontal, w / Case 13 lbs.
601-094 Horizontal, Kit 15 lbs.
601-096 Vertikal, w / Case 13 lbs.
601-097 Vertikal, Kit 15 lbs.
Van Dorn Botol Air Horizontal - Type Beta Plus
Khusus dirancang untuk lapis tipis stratifikasi dan studi bawah dekat, ini botol horisontal mengumpulkan sampel air pada setiap kedalaman. Sebuah mekanisme pelepasan utusan-diaktifkan menutup sampler tunggal pada akhir baris. Dibangun dari polietilen PVC akrilik atau buram dan silikon, botol ini adalah EPA disetujui untuk analisis "ultra-bersih" dari air, termasuk jejak logam dan organik. Satuan meliputi: botol air horisontal, 20,0 m dikalibrasi polypropylene sejalan dengan 0,5 m wisuda, reel baris, 250 utusan g perunggu yang solid, dan tas plastik.
Acrylic Beta Ditambah Air Botol
601-099 Horizontal, w / Case £ 14.
601-100 Horizontal, Kit £ 14.
601-102 Vertikal, w / Case 10 lbs.
601-103 Vertikal, Kit £ 16.
PVC Beta Ditambah Air Botol
601-105 Horizontal, w / Case £ 14.
601-106 Horizontal, Kit £ 16.
601-108 Vertikal, w / Case £ 14.
601-109 Vertikal, Kit £ 14.

Jelas PVC Cek pakai ganda Valve gayung
Volume per unit: 1025 ml
Ukuran: 1,5 "Jelas x 3 'PVC ganda Check Valve EcoBailer
Terbuat dari jelas, perawan PVC dengan kepadatan 1,31, Clear PVC EcoBailers tenggelam dengan cepat seperti bailers tertimbang tanpa memerlukan bahan tambahan bobot. Karena me  reka jelas, mereka mengijinkan inspeksi visual sampel dengan baik.
Fitur:
- Tenggelam dalam air dengan cepat tanpa memerlukan tambahan bobot
- Materi yang jelas memungkinkan inspeksi visual sampel
- Bottom lagi cerat membantu mencegah lumpur dari campur dengan bola cek dan menyebabkan potensi kebocoran
- Lebih kaku dan lebih kecil kemungkinannya untuk membungkuk daripada bailers Polyethylene bersaing
- Satu gayung hanya dengan sistem berat opsional dapat digunakan kembali untuk meningkatkan tingkat wastafel
- Pengosongan perangkat kustom untuk mengatur aliran debit, disertakan dengan setiap gayung
- Membutuhkan bahan lebih sedikit untuk menghasilkan, menghasilkan limbah kurang bila dibuang

Dobel Check Valve gayung
Memungkinkan ekstraksi sampel dari berbagai kedalaman sumur .Mirip dengan 8254G84, tetapi dengan check valve kedua yang terdiri dari punggawa polyethylene untuk menahan bola atas dan bola PVC dan perakitan katup dengan polietilena-dilapisi berat badan

Contoh VOC Adapter, Polyethylene
Memungkinkan transfer sampel untuk botol VOA tanpa kehilangan VOC
Menyediakan aliran sampel lambat untuk transfer ke VOA botol


Comments

Popular Posts